EPILEPSI ATAU AYAN

Ayan atau epilepsi adalah penyakit saraf menahun yang menimbulkan serangan mendadak berulang-ulang tak beralasan. Kata ‘epilepsi’ berasal dari bahasa Yunani (Epilepsia) yang berarti ‘serangan’.

PENYEBAB AYAN

Otak kita terdiri dari jutaan sel saraf (neuron), yang bertugas mengoordinasikan semua aktivitas tubuh kita termasuk perasaan, penglihatan, berpikir, menggerakkan [otot].

Pada penderita ayan, terkadang sinyal-sinyal tersebut, tidak beraktivitas sebagaimana mestinya. Hal ini dapat diakibatkan oleh berbagai unsur-unsur, antara lain; trauma kepala (pernah mengalami cedera di daerah kepala), tumor otak, dan lain sebagainya.

Umumnya ayan mungkin disebabkan oleh kerusakan otak dalam proses kelahiran, luka kepala, pitam otak (strok), tumor otak, alkohol. Kadang-kadang, ayan mungkin juga karena genetika, tapi ayan bukan penyakit keturunan. Tapi penyebab pastinya tetap belum diketahui.

DIAGNOSIS

Hippocrates adalah orang pertama yang berhasil mengidentifikasi gejala ayan sebagai masalah pada otak, roh jahat, dan sebagainya. Seseorang dapat dinyatakan menderita ayan jika orang tersebut telah setidaknya mengalami kejang yang bukan disebabkan karena alkohol dan tekanan darah yang sangat rendah. Alat bantu yang digunakan biasanya adalah:

  • MRI (Magnetic resonance imaging) Menggunakan magnet yang sangat kuat untuk mendapatkan gambaran dalam tubuh/otak seseorang. Tidak menggunakan Sinar-X. MRI lebih peka daripada CT Scan.
  • EEG (electroencephalography) alat untuk memeriksa gelombang otak.

PENGOBATAN

( OBAT HERBAL ISLAMI YANG PALING SAYA REKOMENDASIKAN UNTUK MENCEGAH DAN MENGOBATI AYAN ADALAH HABBAT`S SEHAT DIMINUM BARENG DENGAN KURMA PLUS. )

Berikut ini adalah nama-nama obat yang dipakai untuk menyembuhkan ayan. Semua obat harus dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Carbamazepine, Carbatrol, Clobazam, Clonazepam, Depakene, Depakote, Depakote ER, Diastat, Dilantin, Felbatol, Frisium, Gabapentin, Gabitril, Keppra, Klonopin, Lamictal, Lyrica, Mysoline, Neurontin, Phenobarbital, Phenytek, Phenytoin, Sabril, Tegretol, Tegretol XR, Topamax, Trileptal, Valproic Acid, Zarontin, Zonegran, Zonisamide.

Selain dengan obat, ayan juga dapat disembuhkan dengan Ketogenic Diet.

ORANG-ORANG YANG TERKENAL DENGAN AYAN

Ayan tidak identik dengan orang yang mengalami keterbelakangan mental. Berikut ini adalah beberapa dari sekian banyak orang ternama yang menderita ayan.

REFERENSI

sumber :

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas tgl 18 Juni 2009 jam 23:24:28

2 responses to this post.

  1. Posted by Awaluddin batubara on 16 April 2010 at 18:45

    asalamkmw.w.
    saya mw bertanya, kalau epilepsi yg kompleks kira2 apa obat yg ideal.
    gejalanya, tiba2 dia hilang ingatan dan tidak tw apa yng terjadi pada dirinya,,,
    trimkash,,,
    wsalamkm,w,w

    Balas

  2. Posted by Veronica on 25 Oktober 2010 at 07:30

    Suami saya punya penyakit ayan. Beliau tidak pernah memberitahukan hal ini.
    Selama Tiga tahun berumah tangga, suatu ketika penyakitnya kambuh dan saya panik luar biasa. Saya pikir beliau terkena serangan jantung dan saya langsung panggil ambulance. Namun akhirnya beliau berterus terang setengah tahun kemudian setelah serangan pertama selama berumah tangga. Sekarang sudah tiga kali kambuh. Gejalanya , beliau lebih suka sendiri dan agak menjadi pemarah. (padahal beliau tidakpernah marah sepengetahuan saya). Mimik muka sedikit lebih tegang. Dari dengkul ke kaki berkeringat. Namun setelah sadar dari kambuh, beliau tidak menyadari kejadian tersebut. Mohon saudara/i berikan saya informasi mengenai obat herbalnya. Penyakit ini beliau derita sejak usia 24 th. Dan sejak itu beliau berobat ke Swiss, dan mengkomsumsi obat setiap hari pagi dan malam.

    Salam

    Veronica TM

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: